Home - Forum Promo - Login

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Mengetahui USB


Menggunakan USB

Apa itu USB? USB atau Universal Serial Bus, sejak tahun 2001 USB sudah menjadi generasi ke 2, yaitu USB 2.0 yang biasa di kenal dengan USB Full Speed/Hi Speed yang memiliki kecepatan 480 Mbit/sec. USB mampu menyambungkan berbagai perangkat sekaligus, dan dapat memberi daya listrik kepada periferal yang menggunakan daya listrik kecil, terkadang tidak memerlukan device driver tambahan untuk bisa dioperasikan. 

Spesifikasi USB ini dikembangkan oleh konsorsium yang di sebut USB-Implementers Forum (USB-IF). USB-IF juga membuat berbagai spesifikasi lain yang digunakan untuk keperluan USB yang menjangkau peripheral digital kompak, misalnya Handphone, Mp3 player, dan lainnya. Beberapa di antaranya adalah Mini-B, Micro USB, dan Konektor USB standar yaitu Series “A”plug.

Kini Intel mensponsori pengembangan USB3.0 “Super Speed” yang lebih cepat, dan memiliki berbagai kelebihan dibandingkan USB USB2.0.1.1. serta 1.0. berbeda dengan rumor yang beredar, bahwa intel mengembangkan USB 3.0 sendirian, sebuah konsorsium telah dibentuk untuk menangani standar baru ini, grup itu adalah USB 3.0 Promoter Group yang terdiri dari HP, Intel, MSFT, NEC, NXP, dan Texas Instrument. Total kontributor untuk proyek USB 3.0 sendiri sudah mencapai ratusan perusahaan, diantaranya Intel, AMD, dan Apple itu sendiri. USB 3.0 akan memiliki kecepatan 10x lipat USB 2.0, kurang lebih 4.8 Gbit/sec atau 600 Mb/s. kecepatan ini dicapai dengan sepasang jalur data diferensial yang bisa digabungkan dengan interkoneksi optikal (fiber optic). Walaupun USB 3.0 memiliki berbagai kelebihan, interface baru ini akan sangat kompatibel dengan standar yang sudah ada, yaitu USb 1.0/1.1 dan 2.0,malah periferal USB yang lama akan mendapat keuntungan dari pengurangan overhead serta system penghematan daya baru yang dimiliki oleh Host Controller Interface baru yang sekarang sedang dikembangkan oleh Intel.

Prev Next